Tips Styling Kain Tenun Simpel ala Tobatenun, dari Jaket Hoodie hingga Rompi

Tak Berkategori
Tips Styling Kain Tenun Simpel ala Tobatenun, dari Jaket Hoodie hingga Rompi

CANTIKA.COM, Jakarta – Sebagai social enterprise, Tobatenun dengan penuh kesungguhan selalu mengutamakan nilai-nilai yang lebih tinggi daripada sekadar penjualan. Tobatenun berkomitmen tidak hanya berfokus pada aspek bisnis, namun juga dalam membangun dan mengembangkan komunitas. Hal ini tercermin melalui kehadiran rumah komunitas, yaitu Jabu Bonang dan Jabu Borna, yang menjadi pijakan utama dalam melaksanakan program-program pemberdayaan. 

Melalui hadirnya rumah komunitas ini, Tobatenun memberikan dukungan dan peluang bagi anggota masyarakat untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kompetensi mereka. Tobatenun meyakini bahwa melalui sinergi dan kolaborasi antara perusahaan, masyarakat, dan lingkungan, dapat bersama-sama mencapai perubahan yang positif.

Pada peluncuran koleksi ‘Terbit’ ini, Tobatenun juga dengan bangga turut memamerkan karya-karya kain tenun kreasi yang bertajuk ‘Pancarona’ yang merupakan kolaborasi antara Tobatenun dan mitra partonun yang merupakan praktisi seni dalam rumah komunitas Jabu Bonang. 

Tobatenun meyakini bahwa budaya harus terus berkembang dan berevolusi agar tetap lestari. Oleh karena itu, mengangkat kreativitas penenun menjadi salah satu upaya Tobatenun dalam mengembangkan dan mempertahankan seni tradisi bertenun. Melalui upaya ini, Tobatenun berharap bahwa Tenun Batak dapat semakin bersaing dengan lebih baik di pasaran, memperoleh apresiasi yang lebih luas, dan terus berkembang dengan gemilang.

Tips Styling Kain Tenun ala Tobatenun 

Selain peragaan busana, fashion stylist Toba Tenun, Raesa juga memberikan beberapa tips styling kain tenun yang bisa Sahabat Cantika praktikkan kalau ingin tampil memesona berbalut wastra Nusantara. 

1. Hoodie 

Tips yang pertama ialah menjadikan kain tenun sebagai hoddie. Sahabat Cantika menyiapkan selendang atau kain tenun terlebih dahulu. Lalu disampirkan ke bagian belakang, kemudian bagian belakang kain disampirkan ke kepala sebagai hoodie. 

Inspirasi styling tenun dari Tobatenun/Foto: Cantika/Ecka Pramita

2. Obi Style 

Inspirasi styling tenun dari Tobatenun/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Tips yang kedua ialah ragam ikat pinggang yang menawan dan chic. Sahabat Cantika bisa memakai selendang kain tenun yang telah dilipat menjadi dua bagian lalu disampirkan ke slah satu pundak baik bagian kiri atau kanan sesuai kebiasaan yang nyaman. Setelah itu, ambil selendang motif lain yang lebih tipis warna kontras untuk mengikat. 

Inspirasi styling tenun dari Tobatenun/Foto: Cantika/Ecka Pramita

3. Blouse 

Inspirasi styling tenun dari Tobatenun/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Selanjutnya, tips ketiga ialah atasan atau blouse yang bisa di-styling dengan asimetris look. Ambil selendang kain tenun lalu sampirkan satu sisi ke depan dan bawa ke belakang, sementara sisi lainnya lakukan berlawanan. Lalu temukan kedua sisi di belakang dan ikat atau sematkan dengan jarum pentul atau peniti. 

Last but not least, kain tenun juga bisa kalian buat styling sebagai rompi yang chic. Caranya mulai dari selendang kain tenun yang disampirkan di pundak kedua sisi seperti memakai outer, kemudian ditambah dengan kain pengikat untuk merapatkan dan membuat look rompi lebih tegas. 

Bagaimana, mudah dan simpel kan, siapa bilang Sahabat Cantika tidak bisa bergaya dengan kain tenun. 

Pilihan Editor:

Keindahan dan Eksplorasi Kain Tenun di JFT 2023, Versatile dan Tak Lekang Zaman

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *