Wapres Ma’ruf Amin Akan Berkantor di Papua, KSAD: Saya Minta Prajurit Tetap Waspada

Tak Berkategori
Wapres Ma’ruf Amin Akan Berkantor di Papua, KSAD: Saya Minta Prajurit Tetap Waspada

TEMPO.CO, Papua – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meminta seluruh prajurit yang bertugas di Papua agar meningkatkan kewaspadaannya. Hal ini menindaklanjuti rencana Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang akan berkantor di Bumi Cendrawasih itu pada awal September 2023 mendatang. 

“Tentunya kami membantu pemerintah sebagai tugas kami untuk mempersiapkan bagaimana Papua akan semakin maju, saya bilang (kepada prajurit) tetap waspada aja kemudian jangan lupa cintai rakyat,” kata Dudung usai memberikan pengarahan di Kodam XVII Cendrawasih, Jayapura, Papua, Sabtu 19 Agustus 2023.

Sebut KKB sebagai saudara sebangsa dan setanah air 

KSAD melanjutkan, fungsi TNI sebagai pelindung rakyat harus diutamakan dalam menjalankan tugas. “TNI Angkatan Darat harus hadir di tengah-tengah rakyat dan harus menjadi solusi jangan menyakiti rakyat pokoknya lindungi rakyat,” katanya. 

Dudung menyebut, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang sedang beraksi di Papua merupakan saudara sebangsa dan setanah air, maka diutamakan penanganan yang lebih humanis. 

“KKB itu saudara-saudara kita juga, mereka mungkin ada kesalahpahaman yang harus kita luruskan, jangan sekali-sekali anggap mereka musuh, itu saudara-saudara kita juga, maka kita berdoa kembalikanlah mereka ke jalan yang benar,” kata Dudung. 

Namun begitu, kata Dudung, prajurit TNI AD juga jangan takut untuk mengambil tindakan tegas apabila kelompok tersebur sudah mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. 

“Kalau mereka terpaksa mengganggu ya tetap harus kita lakukan tindakan-tindakan yang tegas,” kata Dudung. 

Wapres akan berkantor di Papua

Iklan

Sebagai informasi, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin direncanakan akan berkantor di Papua pada awal September 2023 mendatang bersama sejumlah menteri dan Panglima TNI untuk mempercepat upaya pembangunan dan juga menyelesaikan persoalan yang dihadapi pemerintah daerah setempat. 

Hal itu disampaikan Juru bicara Wapres Masduki Baidlowi usai rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, di Istana Wapres, Jakarta, Jumat, 18 Agustus 2023. 

“Tadi Bapak Menko PMK melaporkan beberapa hal penting kepada Wapres terutama yang terkait dengan hasil kunjungan beliau ke Papua. Kebetulan bahwa memang Wapres berencana berkunjung kembali ke Papua pada tanggal 4 September dan rencananya akan berkantor di sana dengan sejumlah menteri,” kata Masduki. 

Wapres Ma’ruf Amin sempat mengunjungi Papua pada Juli lalu. Dia berkunjung ke Papua Tengah, Papua Barat, dan Papua Barat Daya pada 11-17 Juli 2023. Kunjungan itu tak lepas dari posisinya sebagai Ketua Badan Pengarah Papua. 

ADE RIDWAN YANDWIPUTRA | ANTARA



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *